Kategori
Info Terbaru
Komentar
Arsip
Tautan
Download
Welcome
image

SMP Negeri 1 SEMARANG

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

Drs.H. Nusantara, MM

Kampus

Jl. Ronggolawe
Semarang Barat
Jawa Tengah
Telp. (024) 7606340
Fax. 024 7624850

Pengumuman UN 2014
Visitors

MENYOAL KENAIKAN KKM

Membincangkan KKM pada awal tahun pelajaran, apalagi di sekolah faforit seperti lembaga kita ini menjadi menarik. Memang, pembahasan ini selalu  mengundang pro dan kontra  pada tiap warga sekolah. Demikian pula yang terjadi saat berlangsung rapat dinas rutin yang terjadi pada tanggal  26 Juli 2013. Salah satu persoalan yang dibahas adalah adanya wacana bahwa KKM di SMP N  1 Semarang  harus direvisi ulang artinya perlu dinaikkan . Hal tersebut disampaikan oleh Kepala sekolah Drs. H Nusantara ,M.M. Pertanyaannya adalah (1) jika dinaikkan apa untungnya? (2) jika tidak naik apa  pertimbangannya?
          Sebelum menjawab pertanyaan di atas ada baiknya memahami latar belakang munculnya wacana tersebut. Pertama, SMP N 1 Semarang adalah salah satu SMP favorit dikota Semarang hal ini terlihat pada setiap tahun peminat yang mendaftar selalu melebihi kapasitas. Imbas dari banyaknya peminat berujung pada diperolehnya siswa yang memiliki NEM tinggi (pada tahun 2013 NEM terendah yang diterima 27 koma sekian). Itu artinya in put siswa mempunyai nilai lebih. Kedua, tenaga pengajar SMP Negeri 1 Semarang sebagian adalah sarjana dan magister yang sudah sesuai dengan  pelajaran yang diampunya. Ketiga, sebagian besar guru sudah berkualifikasi (tersertifikasi). Keempat, sarana dan prasarana yang dimiliki sudah lengkap , hanya diperlukan polesan , agar lebih maksimal.
          Melihat sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang dimiliki menjadi wajar jika Kepala Sekolah melontarkan wacana kenaikan KKM. Dinaikkannya KKM memiliki beberapa keuntungan, antara lain (1) menjadi tolok ukur lembaga ini apakah mampu meningkatkan prestasi siswa (ingat, siswa dari awal sudah memiliki prestasi akademik yang tinggi). (2) menjadi tolok ukur apakah model penerimaan siswa (PPD) dengan hanya berlandaskan NEM sudah mencerminkan realitas sebenarnya.
          Bagaimana jika KKM tidak naik? Apa keberatannya? Memang, kurikulum sekarang merupakan hal baru yang mau tidak mau harus diperhitungkan. Adanya penggabungan beberapa mata pelajaran seperti IPS terpadu dan IPA terpadu pasti awalnya akan menimbulkan banyak masalah. Masalah pertama tiap-tiap mata pelajaran memiliki karakteristik tersendiri sehingga model evaluasinyapun  berbeda. Kedua, porsi materi pelajaran jelas akan membuat persoalan. Materi sejarah misalnya, ada sekian banyak pokok bahasan, pelajaran lain juga demikian. Jika yang mengajarkan IPS terpadu adalah guru sejarah sudah barang tentu guru tersebut lebih menguasai bidangnya dibanding ekonomi atau geografi misalnya. Konsekuensinya, materi apa yang dominan dikuasai siswa? Dominasi penguasaan materi jelas ada mengingat guru tertentu pasti ketika menerangkan materinya akan lebih gamblang, sebaliknya pada materi lain sangat bergantung pada buku teks.
          Namun demikian, jika tidak dicoba mulai sekarang, kapan lagi?

 

Oleh : Sutji Harijanti

Wed, 4 Sep 2013 @11:51


3 Komentar
image

Fri, 6 Sep 2013 @14:26

Qosim Taufiq Akbar

Adakah lowongan guru untuk MAPEL Pendidikan Bahasa Arab?
kalo ada tlong hub 089654507813

image

Wed, 18 Sep 2013 @20:40

cahaya malam

kenaikan KKM merupakan tantangan bagi peserta didik dan guru mata pelajaran, bukan sesuatu yang harus dipermasalahkan apalagi untuk sekolah sekelas SMP N 1 Semarang yang intake peserta didiknya adalah bibit unggul

image

Wed, 18 Jun 2014 @09:34

kijokowi

Yth Bapak Kepala sekolah dan segenap jajaran pendidik di SMP Negeri1 Semarang,
Dengan berakhirnya tahun ajaran 2013/2014 , maka kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala bimbingan yang telah diberikan kepada anak saya Gandhes Putri Larasati kelas 9c, sehingga dapat menyelesaikan proses pembelajaran dengan nilai yang memuaskan.
Mohon doa restunya semoga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pada sekolah yang favorit lagi, dan kelak menjadi anak yang sholihah berguna bagi nusa bangsa dan agama, serta mengharumkan almamater SMPN1 Semarang...danharapan saya semoga SMPN1 Semarang semakin berkualitas,,,Amin....


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+9+8

Copyright © 2014 | SMP N 1 Semarang · All Rights Reserved